Selasa, 03 November 2020

Bulan Bahasa Lenggok Media Production 2020

 Selasa, 3 November 2020.

  Rohul (Lenggok media production) Komunitas Penulis Rokan Hulu merayakan Bulan Bahasa yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2020 dengan beberapa kegiatan.

    Bedah buku “Dia Suamiku” karya Reni Juniarti, salah seorang penulis yang aktif di Lenggok Media dan buku ini sudah menjadi best seller sejak cetakan pertama. Hadir sebagai pembedah nilai agama adalah Nur atika (Ketua Lenggok Media) dan Arnita Adam (Sekretaris Lenggok Media) sebagai pembedah dari segi nilai budaya. Buku yang sangat menginspirasi ini juga menjadi nominasi oleh balai bahasa Provinsi Riau tahun ini.

    Setelah itu dilanjutkan denfan kegiatan diskusi dengan para tokoh milenial dengan narasumber Desmelati dan Andi Sidomulyo. Kedua tokoh merupakan orang yang sangat berpengaruh di Rokan Hulu. Desmelati sendiri adalah seorang tokoh perempuan yang telah sukses mendirikan perguruan tinggi di Rohul yang diberi nama STKIP ROKANIA di desa Okak dengan perkembangan yang sangat pesan dari tahun 2013 hingga sekarang mahasiswanya sudah mencapi lebih dari seribu orang. Tak kalah menariknya tokoh milenial Andi Sidomulyo, seorang lelaki yang masih produktif diusia yang baru menginjak kepala 3 sudah mendirikan Yayasan Negeri Seribu Suluk, dalam yayasan ini lahirlah pondok rehabilitas yang menampung orang-orang gila serta orang yang terganggu jiwanya akibat narkoba dan lain sebagainya, serta tempat wisata shareena stable yang merupakan tempat wisata berkuda pertama di Rokan Hulu yang hanya berkisar 2 tahun berdiri sudah memenangkan kejuaraaan tingkat Asia.

      Kegiatan bulan bahasa tahun ini berlangsung sangat meriah dengan diselingi pembacaan puisi dari berbagai peserta disela diskusi milenial. Peserta yang hadir adalah pemuda dan masyarakat dari berbagai kalangan, ada dari mahasiswa, komunitas, seniman, sastrawan dan ibu rumah tangga sekitar 50 orang.

      Berbagai pengalaman berharga tentunya yang disalurkan oleh narasumber menambah semangat peserta yang hadir turut merasakan hal yang sama dengan pengalaman yang dibagikan oleh nara sumber. Beberapa petikan nasihat atau kalimat semangat yang dikatakan oleh Dr.Desmelati adalah “Jika ingin menanam ubi, jangan fikirkan kambing yang akan beruntung dengan daunnya besok” kata yang padat makna membuat ruangan yang berdesain  ukiran melayu itu riuh dengan tepukan. Tak kalah menariknya motivasi dari Andi Sidomulyo yang mengatakan “Lakukanlah apa yang kamu takutkan, niscaya ketakutan kamu itu akan hilang”, sebagai pemuda yang pernah jatuh bangun dalam berwira usaha itu juga mengundang tepukan yang meriah dari penonton.

      Doorprize yang diberikan oleh salah seorang penulis Rokan Hulu, Arnita Adam berupa buku travelernya ke Afrika Ghana termasuk salahsatu yang ditunggu oleh penonton yang memberikan pertanyaan terbaik. 

    Dengan tetap mematuhi protocol kesehatan alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dan berakhir dengan berwisata keliling shereena stable melihat berbagai koleksi hewan langka, ada rusa, burung unta, buaya, ikan koi dan lain sebagainya. Ada juga peserta yang antusias diajak untuk menunggangi kuda-kuda disana. 

   Lenggok media production berharap acara bulan bahasa tahun ini dengan dihadirkan tokoh pemuda milenial mampu menambah wawasan para pemuda agar kreatif dan inovatif terlebih lagi dimasa pendemi sekarang. (Nur atika)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Diamnya Dia

 "Analisis Diamnya Dia" Oleh, Nur Atika Rusli. Diamnya seseorang bukan berarti tidak mengerti dan memahami persoalan. Sebaliknya, ...