Kamis, 16 November 2017

TELAAH PROSA II - semester IV

TELAAH PROSA II 







Di susun oleh



NUR ATIKA





UNIVERSITAS LANCANG KUNING
FAKULTAS ILMU BUDAYA
JURUSAN SASTRA MELAYU
PEKANBARU
2016


KATA PENGANTAR

Assalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

            Puji Syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-NYA kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Penulis mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan seluruh teman-teman yang telah ikut berpartisipsi dalam penyelesaian tugas ini, serta semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

            Demikianlah makalah ini penulis buat, dalam penulisan tugas ini penulis menyadari bahwa sangat jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritikan dan saran yang membangun dari pembaca. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih. Wassalam.


Pekanbaru,  MEI 2016


Penulis
JUDUL NOVEL :  Cinta Tak Kenal Kasta

UNSUR INSTRINSIK NOVEL

TEMA : kasih tak sampai
ALUR : maju
·         Pendahuluan : perkenalan karakter aku (susan) sebagai orang yang telah menghadapi pahitnya kehidupan dan kemudian ingin mengubah nasibnya.
·         Konflik : saat susan dan rita sedang menjalin cinta kasih, orangtua rita telah menjodohkan rita dengan pilihan papanya, alasannya karena karena susan tidak bermarga.
·         Akhir  : akhir dari cerita sangat tragis, susan dinyatakan tenggelam bersama kapal yang ditumpanginya menuju lombok. Tenggelam bersama cinta sucinya yang tidak bisa disatukan.

TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL
Susan (aku ) : protagonis (baik, pekerja keras, tabah, tidak mudah menyerah)
Rita (kekasih susan) : protagonis (cantik,baik, setia, pintar)
Wahyudi  (anak wawaknya susan): protagonis (baik,bertanggung jawab)
Suprianto (teman susan) : protagonis ( baik, suka menolong)
Ramlan (ayahnya suprianto) : protagonis (baik, suka menolong)
Hasan (abang dari ayahnya suprianto) :protagonis (baik, suka menolong, selalu optimis)
Kedan robin : protagonis (baik, suka menolong, pintar, ramah)
Ayah rita : antagonis (egois, matrealistis)
LATAR TEMPAT DAN WAKTU DALAM NOVEL
Latar Cerita Latar Tempat :
ü  Rumah
ü  Meja makan
ü  Kebun
ü  Hutan
ü  Pabrik
ü  Kota
ü  Kantor Perusahaan
ü  Pasar malam

Latar Waktu : Pagi Hari, Siang Hari, Malam Hari
SUDUT PANDANG
Orang pertama (aku) sebagai pencerita dan terlibat langsung

AMANAT NOVEL
ü  Selalu optimis akan keberhasilan dari apa yang telah kita usahakan, jangan menyerah atau peduli dengan cemoohan orang lain.
ü  Keegoisan hanya akan berakibatkan penyesalan dan kerugian yang banyak.
  


UNSUR EKSTRINSIK
Biorafi pengarang
Nama : Abdul Muis
Lahir : perbaungan, 25 desember 1945
Pendidikan :
ü  1958 tamat SR
ü  1962 tamat SMP
ü  1962-1963 STM tidak sampai tamat
ü  1983 mengikuti ujian persamaan pendidikan guru agama
ü  2002 kuliah di STAI Rokan bagan batu
ü  2006 memperoleh sarjana pendidikan agama islam
Pengalaman kerja :
-          Pengawai pusat koperasi karet rakyat kabupaten deli serdang
-          Pengawai harian tetap PN kumala
-          Guru honor SDN pertimbangan
-          Guru MTS sintong
-          Pimpinan yayasan pendidikan dan pembangunan darul ulum kecamatan tanah putih kabupaten rokan hilir provinsi riau.
Tempat tinggal sekarang di kepenghuluan sintong makmur jalan lintas menggala pujud km.17 kecamatan tanah putih kabupaten rokan hilir provinsi riau.
  
           SINOPSIS NOVEL

          Kisah cinta tak kenal kasta ini berawal dari cerita dari seorang pemuda desa tamatan SMP, yang sudah lama menjadi pengangguran. Kemudian ia pergi merantau kekota meninggalkan kampung halamannya, menurutkan panggilan hati mencona untuk mengadu nasib, akan tetapi pekerjaan yang diinginkannya tidak juga dapat.
          Dia hanya mendapat pekerjaan sebagai penjaga kebun durian milik ayah temannya suprianto. Namun walau apapun pekerjaannya dia tetap melaksanakan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab sehingga setelah 6 bulan bekerja sebagai buruh kebun dia menadapat kepercayaan dan simpati dari ayah temannya, atas bantuan beberapa orang ia dapat pula melanjutkan sekolahnya. Disekolah pertanian menengah atas (SMPA) dan setelah tamat dapat pula bekerja disalahsatu perusahaan diperkebunan sebagai asisten.
        
         Dalam menjalankan pekerjaannya susan juga dapt melanjautkan dan mewjudkan hobbinya yaitut bermain musik, di amembuat satu gruop band dan makin hari semakin terkenal di kampung tempatnya tinggal merantu. saat itu ia sempat berkenalan dengan seorang gadis anak orang kaya dan terpelajar lalu jatuh cinta pada gadis itu. Namun sayangnya orangtua atau ayah sigadis tidak merestui hubungan mereka, karena mengangapnya pemuda pengangguran, tidak berpendidikan lagi miskin dan tidak bermarga.  Akibatnya sang pemuda patah hati dan berakhir dengan duka yang mendalam karena cintanya.
     Sang gadis sangat kecewa dengan perjodohan orangtuanya, dia melarikan diri dengan menaiki kapal menuju kelombok, susan sempat datang kekampung untuk mencari tahu kabar tentangnya.  namun  gadis itu sudah melakukan perjalanan dengan menaiki kapal, kemudian kapal yang ditumpanginya karam dan semua keluarga termasuk susan mengetahui kabar kematian gadis itu dari berita yang beredar di televisi dan permberitahuan dari teman-temannya. Akhirnya susan pulang kembali ketempat dia bekerja dengan membawa luka cintanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Diamnya Dia

 "Analisis Diamnya Dia" Oleh, Nur Atika Rusli. Diamnya seseorang bukan berarti tidak mengerti dan memahami persoalan. Sebaliknya, ...