Rabu, 23 Agustus 2017

RAHASIA MUDAHNYA SKRIPSI

RAHASIA MUDAHNYA SKRIPSI




        Dalam tulisan ini saya akan berbagi pengalaman dan beberapa tips menyelesaikan skripsi dengan mudah teruntukkan buat teman-teman saya sekarang yang sedang menyelesaikan skripsinya dan untuk para seluruh mahasiswa dimanapun anda berada saat ini yang mau dan sedang melaksanakan aktifitas skripsinya.
Dalam perkuliahan menyelesaikan skripsi dengan cepat tentunya dengan kualitas yang baik pula. adalah satu hal yang membuat saya semangat untuk menulis. Namun apakah saya langsung menulis skripsi. Tentu tidak, hal pertama yang saya lakukan adalah membuat catatan kecil sebagai pedoman atau prinsip pribadi yang saya sebut dengan “Kitab undang-undang sukses”. Didalam buku yang hanya selebar telapak tangan itu saya menulis target-target yang akan saya capai, prinsip wajib yang tidak boleh dilanggar, dan alasan saya mengapa harus berhasil. Aneh memang bagi sebagian orang atau mahasiswa yang hanya mengejar cita-cita dan gelar atau maaf, bahkan bersenang-senang sambil menghabiskan uang orangtua mereka namun bagi saya dan saya yakin sebagian yang lain juga sependapat dengan saya hal ini sebenarnya sudah dilaksanakan mereka hanya saja tidak tersturktur. Maka saya menulisnya dalam catatan kitab dan saya bawa kemanapun saya pergi, jika sedang badmood maka membuka kitab  itu mampu memberikan rangsangan mental yang kuat untuk menulis menyelesaikan skripsi saya. Berikut isinya :
Prinsip
1.      Pasal pertama. Fokus pada tujuan, taati peraturan, guru, orangtua dan suami
2.      Pasal kedua. Jangan hiraukan masalah-masalah disekitar
3.      Pasal ketiga. Jika masalah datang, kembali kepasal pertama
Target
1.      Menyelesaikan skripsi dalam waktu sesingkat-singkatnya
2.      Mengamalkan ilmu sebanyak-banyaknya
3.      Mampu memberikan contoh terbaik bagi keluarga dan semua orang
4.   ingin dilirik Abah walau hanya sekali (tak pernah dipuji atas apapun prestasi yang saya raih membuat saya ingin mendengar Abah bergumam, bahwasanya ia bangga memilki seorang anak seperti saya. Tapi hingga saat ini mungkin hanya harap)
Alasan harus sukses
1.      Lihat senyum orangtua dan orang-orang terkasih membuat saya bahagia
2.      Menjadi orang yang berilmu

Setelah menulis ini semua tentunya saya yang menjalankannya tak mungkin orang lain kan?. Menjalankan aturan yang kita buat sendiri memang sangat sulit dibandingkan aturan yang tinggal dijalankan semisalnya aturan disekolah atau kampus karna pemberi hukumannya berbeda. Namun saya tetap memberikan sanksi kepada diri sendiri jika sampai gagal dalam menjalankan misi sukses ini. yaitu nongkrong di lattop selama sejam untuk menulis. Teman-teman juga bisa membuat catatan kecil sebagai pedoman target-targetnya selama menyelesaikan perkuliahan. Dan bagaimana dengan hasilnya berdasarkan prinsip yang saya jalankan?, Alhamdulilah skripsi saya selesai pada 29 Juli 2017, pada akhir semester enam walau belum sidang skripsi dan tidak mendapat ucapan apa-apa dari Abah, saya tersanjung pak kajur memberikan ucapan selamat bahwa saya mahasiswa pertama yang menjadi alumni.
Melihat hasilnya mungkin hati kita berdebar-debar kesenangan, namun jika ingin menjadi yang  lebih baik lagi kita sebenarnya harus jeli dengan proses, mari kita lihat proses versi saya :
Mendapat dosen pembimbing satu Bapak Dr.Ulul Azmi, S.S., MA dan pembimbing dua Bapak Juswandi, S.S., MA. Saya memerlukan waktu satu bulan penuh bertatap muka dan dibimbing oleh beliau untuk proposal dengan enam kali bimbingan dan perbaikan. Dengan nilai ujian proposal A. Selanjutnya tanpa jeda saya langsung menuju skripsi bulan Ramadhan tahun ini sebulan penuh bimbingan sebanyak 5 kali tatap muka dan perbaikan. Al hasil skripsi saya selesai seminggu jelang lebaran. Ada beberapa anggapan mahasiswa kenapa skripsi ini bisa cepat  selesai yang saya dengar juga sampai dijadikan mitos di lingkungan mahasiswa diantaranya :
·         Nilai terbaik dikelas. Tidak, saya tidak pernah mendapat nilai terbaik ada juga nilai C didaftar nilai bahkan saya mahasiswa yang hampir setiap pertemuan selalu datang terlambat. Pernah  terlambat hingga 3 jam. Tentunya semua itu tidak disengaja.
·         Dekat rumah. Tidak, karna saya tinggal di Kabupaten Rokanhulu dan pergi-pulang setiap minggu dengan jarak tempuh 3 sampai 4 jam perjalanan.
·         Akrab dengan dosen : Tidak pernah dekat dengan dosen, bahkan untuk dosen pembimbing saya baru saya bicara banyak saat bimbingan. Karna saya sering terlambat banyak dosen pula yang tidak menghiraukan saya alias di acuhkan. (haha sudah biasa dimana-mana diacuhkan)
·         Rajin membawa buah tangan saat skripsi : Maaf, bisa ditanyakan kepada dosen terkait. Karna saya termasuk salahsatu dari sekian orang yang agak pelit (digaris bawahi ya agak) ada alasan untuk memberikan sesuatu.
·         Sudah biasa menulis : Tidak juga, dalam menyelesaikan skripsi masih banyak tulisan saya yang dicoret. Menyelesaikan skripsi bukan persoalan menulis saja. Saatnya skripsi saatnya kolaborasi, bisa dibaca tulisan diblog  https://mytripadventure-rohul01.blogspot.co.id/2017/08/kolaborasi.html
Jadi, bagaimana cara saya menyelesaikan skripsi ? berikut tips dan langkah yang sudah saya lakukan dan saya nikmati hasilnya.
1.      Jangan pernah menunggu dan di tunggu, jika selesai tahap menulis bagian awal langsung menghadap dosen pembimbing dan begitu seterusnya. Jika dosenmu bilang tanggal sekian datang lagi bimbingan kamu harus segerakan perintahnya. (Tapi, jangan lupa dahulukan juga perintah Allah).
2.      Datang bimbingan tepat waktu dan minta dosen pembimbing untuk mencoret sebanyak-banyaknya.
3.      Jangan takut disalahkan atau dicoret supaya pada bimbingan kedua tidak dicoret untuk kesalahan yang sama pada bab yang berbeda.
4.      Datang juga saat teman lain bimbingan, jadi kita bisa memperbaiki tulisan kita menjelang giliran kita bimbingan. Dengarkan apa yang disampaikan dosen pembimbing kepada teman kita dan bisa dijadikan contoh.
5.      Jangan tunggu hari esok untuk memperbaiki kesalahan. Jika selesai bimbingan sampai rumah langsung buka lattop (kalau tak ada pinjamlah, jangan jadikan alasan tak punya lattop) dan memperbaikinya, bahkan kalau perlu saat bimbingan langsung diperbaiki supaya kita tidak lupa dengan yang disampaikan pembimbing.
6.      Targetkan setiap minggu bertemu dosen pembimbing, atau jarak bimbingan tidak sampai sebulan. Saya bahkan seminggu 2 kali dan pernah yang sehari 2 kali karna langsung diperbaiki ditempat.
7.      Setiap perbaikan file dicopi dan diberi judul dibadan file revisi 1, revisi 2 dan seterusnya sebagai acuan perbaikan selanjutnya.
8.      Banyak-banyak bertanya kepada dosen pembimbing tentang rencana yang akan kita tulis selanjutnya setelah perbaikan.
9.      Banyak menulis dan membaca, yang seharusnya sebelum skripsi tapi ya tidak ada kata terlambat untuk berubah ke yang lebih baik. Banyak membaca referensi seperti skripsi yang berkaitan dengan judul kita angkat. Banyak menulis, corat-coret dikertas atau buku lain sebagai garis besar tulisan kita selanjutnya.
10.  Temui tim kolaborasi. Seperti dalam blog  https://mytripadventure-rohul01.blogspot.co.id/2017/08/kolaborasi.html. Selesainya skripsi bukan hanya mengandalkan pandai menulis tapi kolaborasi dari beberapa ilmu.
11.  Dan yang terpenting kuasi materi dan bahan agar antara kamu dan dosen pembimbingnya saling mengerti dan nyambung.
Memang tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi itulah proses. Malas bimbingan skripsi sering menjadi penyakit bagi mahasiswa. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita membuat target tertentu untuk memacu semangat menyelesaikan skripsi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan ingat, ini hanyalah pengalaman yang setiap kita manusia pasti menafsirkannya berbeda, ambillah yang baik-baik saja. Saya bisa kamu juga pasti bisa.

Semangat menulis. Semangat Skripsi


Ujungbatu, 20 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Diamnya Dia

 "Analisis Diamnya Dia" Oleh, Nur Atika Rusli. Diamnya seseorang bukan berarti tidak mengerti dan memahami persoalan. Sebaliknya, ...