Senin, 12 Maret 2018

13.00 – 16.00
o  Pembukaan
o  Tari persembahan
o  Sepatah kata dari panitia praktikum
o  Bukoba Rokan Hulu
o  Sepatah kata dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya Sastra Melayu Unilak
o  Penampilan musikaliasi lenggok
o  Sepatah kata dari Dinas Pariwisata Rokan Hulu
o  Sepatah kata Dari Dinas Pendidikan Dan Olahraga Rokan Hulu
o  Musikalisasi lenggok
o  Sepatah kata dari Bupati Rokan Hulu sekaligus pelepasan rombongan praktikum.
o  Penutup

Eksplore Islamic Center

Perjalanan ke Ujungbatu (home stay) tidur
Komplek Syuhada

Acara pembukaan diadakan di Pasir Pengaraian karna beberapa pertimbangan diantaranya : - jika eksplore mamic diadakan hari minggu saat ramai dengan wisatawan luar dan kita kurang dapat menikmati fasilitas MAMIC (Masjid Islamis Center) seperti naik ke menara 99 dan berkodak-kodak atau menonton sejarah Mamic, mudah bagi bupati beserta stafnya untuk menghadiri acara pembukaan dan pelepasan peserta praktikum budaya, Aula syuhada yang awalnya direncanakan untuk tempat pembukaan sudah dipakai pada tanggal 12 tersebut dll.

Semua keperluan acara pembukaan sudah kami persiapkan ruangan yang digunakan adalah ruang seminar dengan kapasitas 500 orang. Dilengkapi dengan sound sistem dan proyektor, kursi dan pentas.

Untuk tamu dari pemerintahan sedapat mungkin kami usahakan semuanya hadir namun jika ada beberapa yang tidak dapat hadir itu diluar perkiraan kami. Begitu juga dengan penampilan seni.

Setelah selesai acara pembukaan sekaligus pelepasan praktikum budaya di Rokan Hulu oleh Bupati Rokan Hulu. Rombongan akan melanjutkan tuor bersama disekitaran Pasir Pegaraian yaitu makam raja rambah dan kampung suluk tentunya setelah shalat asar dulu di masjid MADANI Rokan Hulu.
Kita akan makan setelah magrib dipondok berangin dengan pemandangan malam nan indah islamic center dan lingkungan pemda. Shalat disana sambil menikmati tenggelamnya matahari.

Selanjutnya kita kembali ke islamic center untuk berkeliling dan ekspole islamic center. Kemudian berangkat ke ujungbatu untuk istirahat tidur.

Jumat / 13 april 2018

Persiapan praktikum
Home stay Dusun lubuk ulat

13.00 – 18.00
Mulai praktikum dengan nara sumber
ü  Perlombaan permainan rakyat
(orang tetua, masyarakat dan anak-anak yang sedang bermain)
ü  Masakan tradisional ( perempuan masyarakat desa)
ü  Arsitektur melayu ( ninik mamak )
ü  Dialektologi dusun lubuk ulat ( kepala desa )
ü  Kesenian melayu ( ninik mamak, pemuda pelaku seni )
ü  Tradisi melayu ( ninik mamak )
ü  Pantang larang melayu ( ninik mamak )
ü  Teknologi bahari melayu ( pelaku teknologi )

Menikmati desa melanjutkan praktikum

Tidur

Pagi dari ujungbatu menuju ke desa Lubuk Ulat dengan perjalanan kalau tidak banyak yang rempong lebih kurang 2 jam. Dengan medan jalan ada beberapa titik menanjak/pendakian jadi kami sarankan untuk medan jalan khusus ini jika tidak memungkinkan agar penumpang turun dan berjalan kaki sampai bus diperkiraankan aman untuk naik kembali. Atau bila keadaaan alam cuaca tidak memungkinkan kami akan sediakan mobil yang biasa untuk membawa rombongan praktikum dari Ujungbatu ke Lubuk Ulat.

Kita sarapan di puncak Rokan sambil menikmati pemandangan hamparan bukit di Rokan IV Koto. Dan melanjutkan perjalanan. Jika tidak ada halangan melintang kita akan sampai pukul 09.00 pagi dari star kebrerangkatan jam 07.00 pagi dari titik home stay.

Sesampai di Dusun Lubuk Ulat kita akan disambut masyarakat dan langsung menuju ke home stay. Fasilitas tinggal di Dusun Lubuk Ulat adalah rumah warga dengan kondisi rumah papan atau semi permanen. Rumah warga kampung hanya ada tikar dan beberapa bantal, silahkan membawa selimut sendiri. Untuk MCK sesuai kebiasaan masyarakat kampung menggunakan sungai sebagai keperluan MCK, dan kita juga akan mengikuti cara mereka. kamar mandi dirumah ada namun tidak mencukupi untuk semua peserta. Disarankan untuk membawa basahan (kain yang digunakan sebagai pembalut badan saat mandi disungai). Untuk makan kita akan menikmati menu masakan kampung. jika ada yang alergi atau memilki masalah perut yang tak sesuai dengan jenis makanan baru agar membawa persediaan makanan pribadi.

Semua kegiatan praktikum akan ditemani oleh salah seorang anggota kami dan seorang pemuda setempat dalam membantu kelancaran mendapatkan informasi yang diperlukan dan menemui beberapa narasumber. Pada dasarnya saat mulai memasuki kampung kita sebenarnya sudah bisa mulai meneliti karna segala bahan penelitian ada disekitar kita dan didepan mata, tinggal lagi untuk informasi akurat saat wawancara dengan nara sumber diperlukan satu hari yang khusus.

Ctt :
Khusus untuk kelompok teknologi bahari melayu pesertanya diwajibkan yang kuat fisik dan mental untuk melihat pengolahan gambir yang terletak dibukit Villa yang dikerjakan sangat tradisional sekali. Penanjakan jalan kaki sekitar 30 menit dengan medan jalan tanah ladang gambir.

Jika ada yang ditanyakan silahkan hubungi kami di WA/Call – 082388859812.

Sabtu / 14 april 2018

- Penampilan Seni dari mahasiswa Unilak
- Penampilan Seni dari Dosen Unilak
- Berbalas Pantun ninik mamak
- pembagian hadiah sayembara permaian rakyat
- Doa
- Penutup

Tidur

Hari sabtu kegiatan lanjut praktikum seperti biasa. Eksplore Lubuk Ulat di Goa dan bendungan hanya sekitaran desa. Malam minggu adalah puncak kegiatan kita bersama masyarakat. Mereka akan mengadakan pesta rakyat yang dinamakan “Turun Adat” diharapkan kita juga memberikan kenangan berupa penampilan untuk mereka dan cendramata yang bisa membuat mereka rindu dengan kedatangan kita kembali. Malamnya peserta diharapkan berkemas-kemas untuk kepulangan esok hari agar paginya tidak terlalu sibuk.

Minggu / 15 April 2018

16.00
Pulang menuju Pekanbaru
= diatas

Jika masih diberi kesempatan hari minggu kita akan eklsplore Kunto Darussalam sebentar jaraknya hanya 30 menit dari Ujungbatu demi kelengkapan wisata yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan luar. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati kampung kami.

Ctt:
Mohon perhatian untuk semua peserta praktikum agar mematuhi jadwal dan waktu yang telah ditentukan dari keberangkatan supaya dapat menikmati semua agenda sehingga berjalan lancar.

Untuk barang bawaan sedapat mungkin dikurangi. Keperluan standar yang wajib dibawa yaitu : Obat-obatan pribadi, terutama yang memiliki penyakit alergi, maag dll, selimut/jaket. Tidak dianjurkan ikut bagi yang punya penyakit kronis dan rentan terkenan gangguan jin/makhluk halus. Untuk trip ke bukit villa praktikum dengan bahan teknologi bahari melayu membawa sepatu, celana training dan topi.

Selanjutnya jika ada perubahan yang perlu dikurangi/ditambah/diperbaiki akan kita bincangkan bersama.

SEMOGA BERKENAN. DAN TERIMA KASIH SUDAH BERNIAT BERKUNJUNG DI NEGRI KAMI "ROKAN HULU NEGRI SEIRBU SULUK"

Tiada rumah yang paling nyaman selain alam dan hutan
Tiada inspirasi yang paling banyak didapatkan selain kembali pada alam
Tiada guru yang paling hebat ialah alam terkembang
Tiada pertanyaan yang tak terjawab oleh alam

Mari jaga alam kita, cintai hutan kita, catat sejarah kampung kita dan bertambah iman kita.
"Jangan mengambil apapun selain ilmu"
"Jangan meninggalkan apapun selain kenangan yang indah"

KAMI TUNGGU TEMAN-TEMAN BESERTA DOSEN PEMBIMBING UNILAK DI BUMI ROKAN HULU-LUBUK ULAT KECAMATAN ROKAN IV KOTO.